Perencanaan dan perancangaan program computer juga disebut pembuatan algoritma. Secara umum , pengertian algoritma yaitu kumpulan urutan perintan yang mentukan operasi-operasi tertentu yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu masalah ataupun mengerjakan suatu tugas. Pembuatan algoritma harus berkaitan dengan :
a. Kebenaran algoritma , yaitu bila program selesai maka hasilnya juga benar
b. Kompleksitas – lama dan jumlah – waktu proses penggunaan memori.
Ciri-ciri algoritma dan program yang baik :
a. Tepat sasaran yaitu memenuhi spesifikasi pekerjaan dan bekerja sesuai tujuan
b. Flexible dan portable
- Flexible untuk dikembangkan lebih lanjut
- Portable untuk digunakan bagian system dan mesin
c. Bersih dari kesalahan system ataupun lojik
d. Murah :
- Efisien dalam penggunaan piranti memori dan penyimpanan lainnya
- Cepat waktu pelaksanaannya
e. Didokumentasi dengan baik untuk pengoprasian , pemeliharaan dan pengembanaan
f. Algoritma merupakan pemberian ( description ) pelaksaanaan suatu proses.
Aturan Penulisan Algoritma
Tidak ada notasi yang baku dalam penulisaan teks algoritma . Algoritma bukanlah program yang harus mengikuti aturan – aturan. Meski demikian , algoritma dituliskan mendekati gaya bahasa pemrograman umumnya. Misal , tulis nilai X dan Y ,dituliskan dengan algoritma sebagai write (X,Y). perhatikan dalam notasi write (X,Y) ini hanya memerintahkan penyajian nilai X ke piranti keluaran ( output ). Dalam notasi itu juga tidak memasalahkan format ataupun bentuk-bentuk tampilan lainnya , seperti dicetak dalam satu baris X dan Y , pemakaian pemisahaa menggunakan koma atau spasi. Hal-hal yang bersifat teknis ini baru dipikirkan waktu penulisa program. Algoritma adalah bebas bahasa pemograman.
Teks Algoritma
Teks Algoritma disusun dalam tiga bagian , yaitu :
a. Bagian kepala algoritma
b. Bagian deklarasi ,
c. Bagian diskripsi algoritma
Setiap bagian disertai dengan penjelasaan atau dokumentasi tentang masud pembuatan teks. Bagian penjelasaan diawali dan diakhiri dengan symbol { dan }.
Algoritma NAMA_ALGORITMA { Penjelasan tentang algoritma yang menguraikan secara singkat hal-hal yang dilakukan oleh algoritma }
DEKLARASI { semua nama yang digunakan , meliputi nama-nama : tipe ,konstanta , variabel juga nama sub –program dinyatakan disini}
DISKRIPSI { Semua langkah atau aksi algoritma dituliskan disini }
CONTOH:
1. Kepala algoritma :
Algoritma Luas_Lingkaran { Menghitung luas lingkaran dengan ukuran jari jari tertentu. Algoritma menerima masukan jejari lingkaran, menghitung luasnyaa dan menyajikan hasilnya kepiranti keluaran }
Perhatian dalam menulis nama-nama dalam algoritma harus mempunyai makna yang mencerminkan proses,sifat atau identitas lainya yang melekat dengan suatu proses, tipe, konstanta, variabel, sub-program dan lain-lainnya. Nama-nama yang bermakna disebut mnemonic.
2. Deklarasi algoritma :
DEKLARASI {nama konstanta}
Conts PHI = 33.14; { nilai phi =22/7 }
{ nama perubahan }var R : real; { input jejari lingkaran bilangan rill }
L_Lingkaran : real; { luas lingkaran bilangan rill }
{ nama sub program }
Procedure TUKAR(input/output A;integer, input/output B:integer)
{ mempertukarkan nilai A dan B. parameter A dan B sudah didefinisi nilainya. Setelah pertukaran, A berisi nilai B dan B berisi nilai A }
3. Diskripsi algoritma:
Bagian ini meripakan bagian inti algoritma yang berisikan uraikan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. Setiap langkah algoritma dibaca dari atas ke bawah.
Urutan penulisan menentukan urutan pelaksanaan perintah.
{ Baca data jejari lingkaran R. jika R <= 0 tulis pesan data salah, selain itu hitung luas lingkaran. Tampilkan luas lingkaran. }
baca (R)
jika R <=0 then tulis (“Data salah ! “)
selain itu l_Lingkaran = PHI x R x R;
tulis(l_Lingkaran)
0 komentar:
Posting Komentar